Apakah Anda pasangan yang ingin memiliki hunian baru? atau berkeinginan untuk pindah dari tempat lama bersama keluarga?. Sebelum salah langkah, simak 10 tips membeli rumah dari Suvarna Raja yang bisa menjadi acuan referensi untuk menentukan pilihan.

Tips Memilih Rumah dari Suvarna Raja

Membeli rumah memang bukan perkara yang menyulitkan. Namun, disamping itu Anda harus memperhatikan beberapa tips agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ulasannya:

1. Baca Kontrak dengan Teliti

Ketika membeli rumah baru, tentu Anda akan diberikan kontrak oleh developer. Pastikan membacanya dengan cermat dan teliti. Perhatikan penjelasan dan poin-poin penting yang mereka sampaikan secara seksama, sehingga suatu saat kita tidak dirugikan ketika ada hal yang tidak sesuai.

Anda juga bisa mencoba untuk negoisasi. Jangan malu menanyakan mengenai istilah yang kurang jelas. Apabila mereka tidak mau menjelaskan, perlu dipertimbangkan untuk mengganti developer. Namun tenang, di Suvarna Raja menyediakan pelayanan yang transparan dan ramah kepada pelanggan.

2. Sesuaikan Kebutuhan dari Keluarga

Ketika membeli rumah, jangan gegabah dalam memilih. Perhatikan kebutuhan dari keluarga Anda. Jika perlu buatlah daftar terperinci apa saja yang dibutuhkan. Agar nantinya bisa menyesuaikan dengan anggaran keuangan dan hunian dapat berfungsi secara maksimal.

Daftar kebutuhan dari keluarga yang harus Anda perhatikan bisa meliputi berapa jumlah penghuni rumah, apakah memerlukan garasi mobil luas, apakah perlu ada taman di rumah tersebut, bahkan tentang renovasi kedepannya. Pastikan mengonsultasikan dengan developer untuk mendapat pilihan tepat.

3. Cek Legalitas

Memperhatikan dan mengecek legalitas dari rumah tersebut tentu tidak boleh dilewatkan sebagai hal yang harus dipertimbangkan saat membelinya. Hal ini agar tidak menimbulkan masalah di masa depan ketika menempatinya. Tentu Anda sangat tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan?

Untuk mengecek legalitas dari rumah, Anda bisa memeriksa dokumen rumah secara menyeluruh dengan membawa sertifikat ke BPN, atau bisa ke kantor kelurahan dan kecamatan terdekat. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa notaris untuk memeriksa apakah berkas tersebut asli atau tidak.

4. Memperhatikan Developer

Penyedia rumah tentu harus terpercaya dan sudah berpengalaman. Banyak orang tertarik dengan developer baru yang menawarkan diskon rumah besar-besaran, akan tetapi belum tentu kualitasnya baik, bahkan terkadang diragukan.

Biasanya jika seperti itu, hunian yang didapatkan akan mengalami banyak renovasi di tahun pertama. Atau bahkan pembangunan unit yang dijanjikan tak kunjung selesai. Suvarna Raja merupakan developer rumah di Klaten yang terpercaya dan menawarkan harga serta kualitas terbaik.

5. Lokasi Rumah

Ketika memilih hunian baru, penentuan lokasi sangat perlu diperhatikan. Apakah strategis atau tidak. Karena hal tersebut bisa berkaitan dengan harga dan akses rumah. Jika di pinggiran kota, akses akan lebih mudah dan menghemat ongkos transportasi Anda.

Sebagai contoh rumah yang disediakan Suvarna Raja terletak pada lokasi yang strategis. Dekat dengan rumah sakit, terminal, stasiun, alun-alun, serta pusat pembelanjaan terkenal di Yogyakarta yaitu Malioboro. Jadi Anda tidak perlu kerepotan untuk pergi kemana-mana, karena aksesnya mudah.

6. Fasilitas di Sekitar

Selain lokasi, tips membeli rumah yang harus Anda perhatikan adalah fasilitas di sekitar hunian. Apakah memadai untuk mendukung beraktivitas atau tidak, sehingga ketika memebutuhkan sesuatu bahkan ketika mendadak tidak perlu pergi jauh-jauh dari rumah.

Fasilitas di sekitar rumah yang bisa Anda cek ada atau tidak sebagai pertimbangan adalah seperti: ATM, supermarket, atau bahkan rumah sakit. Lebih baik lagi jika di dekat hunian terdapat semacam mall, tempat hiburan, dan sebagainya. Biasanya rumah di pinggiran kota menyediakan semua itu.

7. Keadaan Lingkungan di Sekitar

Setelah memperhatikan lokasi dan fasilitas, lingkungan hunian juga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Misalnya, Anda harus memastikan apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak, sehingga tidak akan kerepotan saat musim hujan.

Selain itu, Anda harus memperhatikan warga sekitar perumahan tersebut. Apakah ramah dan mendukung atau tidak. Karena ini sangat penting, apalagi jika terdapat anak di rumah. Perhatikan pula apakah aman dari kasus pencurian, keributan, atau berbagai hal buruk lainnya.

8. Kesehatan Rumah

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika memilih hunian adalah kesehatannya. Pastikan memiliki ventilasi dan jendela cukup sehingga udara segar ataupun sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Selain itu perlu di cek apakah terdapat pengolahan limbah atau drainase.

Pastikan juga apakah terdapat selokan dan biopori di sekitar rumah untuk mengalirkan air ketika hujan datang, sehingga tidak mudah banjir atau terjadi genangan. Lingkungan sekitar pun perlu di cek apakah termasuk kumuh atau menjaga kebersihan bersama sehingga Anda akan nyaman tinggal di sana.

9. Perhitungkan Anggaran Keuangan

Hal paling krusial dalam membeli hunian yang tidak boleh dilupakan adalah memperhitungkan anggaran. Pastikan Anda memilih cash atau menggunakan KPR. Jika memilih membayar dengan cicilan, tentukan waktu pembayaran dengan tepat sehingga tidak membebani.

Selain itu, jika memilih membayar dengan KPR, pastikan Anda benar-benar mengetahui skema pembayarannya. Karena membeli rumah lewat cicilan tentu lebih mahal daripada langsung secara tunai. Maka disarankan, mulai menabung untuk membayar cash di awal.

10. Memperhatikan Spesifikasi Material dan Desain

Hal terakhir yang menjadi tips membeli rumah adalah memperhatikan spesifikasi material dan desainnya. Memang untuk desain tidak perlu terlalu diutamakan, tetapi banyak orang yang nyaman tinggal di suatu hunian karena cocok dengan arsitekturnya.

Selain itu, spesifikasi material juga sangat penting. Anda bisa menanyakan kepada developer atau melihat brosur yang diberikan. Dalam brosur Suvarna Raja sudah tertera dengan jelas mengenai spesifikasi material dan desain, sehingga bisa dipastikan kecocokan dan kualitasnya dengan baik.

Demikian tips membeli rumah dari Suvarna Raja. Semoga bermanfaat 😉

×

WhatsApp Live Chat

× Ada yang bisa kami bantu?