Beberapa Tips Membeli Rumah untuk Keluarga

Membeli rumah bekas memang dinilai lebih hemat dalam hal biaya. Namun, semua itu harus sesuai dengan kualitasnya. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Perhatikan Anggaran

Ketika akan membeli rumah bekas, ada baiknya memperhatikan besar kecil anggaran yang harus dikeluarkan. Seperti untuk merenovasi dan memperbaiki rumah serta mengurus dokumen penting rumah. Semua itu harus Anda perhatikan dan dihitung secara rinci.

Selain itu, ada juga kebutuhan lain yang harus dipenuhi setelah membeli rumah bekas. Antara lain balik nama pemilik rumah, pembayaran pajak tiap tahunnya dan masih banyak lagi. Setidaknya Anda harus menyiapkan anggaran lebih untuk membayar semua keperluan itu.

2. Pastikan Surat Sudah Lengkap

Sebelum membeli rumah bekas, sangat penting untuk memastikan kelengkapan surat-surat berharga rumah. Seperti Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Akta Jual Beli (AJB) serta yang lainnya. Anda terlebih dahulu harus memastikan ada tidaknya surat berharga tersebut.

Jika ada, maka Anda dapat melihat hal-hal lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli rumah bekas tersebut. Namun, jika tidak ada sebaiknya carilah rumah bekas yang lain. Hal ini untuk menghindarkan pembeli dari kesalah pahaman di lain hari.

3. Periksa Bagaimana Kondisi Rumah

Menurut Suvarna Raja, sebelum membeli rumah, Anda harus memeriksa bagaimana kondisinya baik secara fisik maupun non fisik. Perhatikan semua detail bangunan mulai dari struktur rumah, fondasi, lantai, dinding dan hal yang wajib yaitu ventilasi udara.

Pastikan ventilasi udara di rumah tersebut baik dan memiliki cukup jendela. Jadi, udara dapat masuk dengan mudah dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Jangan lupa juga untuk memastikan kelengkapan fasilitasnya dengan menggunakan tips membeli rumah bekas,

5. Perhatikan Bagaimana Lingkungannya

Keadaan lingkungan suatu kawasan tempat tinggal harus selalu diperhatikan ketika hendak membelinya. Karena lingkungan biasanya mempengaruhi bagaimana keseharian dan pola pikir sekeluarga, terutama pada anak-anak nantinya.

Keadaan yang tenang dapat membuat penghuni merasa lebih bahagia dan senang tinggal di dalam rumah. Ada baiknya pilihlah hunian dengan lingkungan yang nyaman dan asri. Anda dapat menemukannya dengan mudah di Suvarna Raja

6. Ketahuilah Berapa Lama Berdirinya Bangunan Tersebut

Sebagai pembeli Anda berhak mengetahui lama berdirinya bangunan rumah yang akan dibeli. Hal ini untuk memastikan struktur bangunan dan fondasinya. Karena semakin lama usianya, bangunan akan semakin rapuh dan tidak sekuat dulu lagi.

Pilihlah rumah dengan struktur bangunan yang masih kokoh dan keadaan lantai serta atap yang masih bagus. Jadi, Anda tidak harus mengeluarkan lebih banyak anggaran lagi untuk merenovasi dan memperbaiki ulang struktur dan fondasi bangunan tersebut dari awal.

7. Perhatikan Bagaimana Kondisi Sumber Airnya

Sebelum memutuskan untuk memilih dan membayar, ada baiknya perhatikan bagaimana kondisi sumber air yang mengalir di rumah tersebut. Apakah alirannya lancar dan jernih, jika tidak sebaiknya carilah pilihan yang lain.

Pastikan bahwa kondisi air bersih dan memiliki standar kelayakan untuk dapat dikonsumsi sehari-hari. Baik untuk keperluan memasak, minum ataupun mandi. Hal ini untuk menjamin kesehatan keluarga ketika tinggal di sana. Selain itu, juga untuk memastikan bagaimana kebersihan lingkungan sekitar.

8. Pastikan Bagaimana Ketersediaan Lisitriknya

Selain kondisi air, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan listrik di daerah tersebut. Listrik menjadi kebutuhan wajib dan harus terpenuhi. Jika tidak ada, Anda dapat mencari pilihan atau opsi lain yang memiliki aliran listrik di wilayahnya, seperti Suvarna Raja.

Pastikan juga Anda memiliki daya listrik cukup dengan kebutuhan sehari-hari. Jika tidak, mintalah pada pihak PLN untuk menambahkannya. Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa instalasi kabel yang ada di luar dan dalam rumah untuk menghindari adanya konsleting.

9. Tanyakan dan Pastikan Harga Rumah

Setelah memastikan kecocokan rumah dengan keinginan, tanyakan dan pastikan harga yang harus Anda bayar untuk memiliki bangunan tersebut. Jika sudah sesuai, maka Anda dapat membayarnya dan mengurus semua surat-surat pentingnya. Agar tidak ada kesalah pahaman di kemudian hari.

Sebelum membayarnya, sebaiknya cek terlebih dahulu harga pasarannya. Kalau memang sudah sesuai dengan keinginan dan harga sudah pas, Anda dapat melakukan transaksi pembayarannya. Selain itu, pastikan bahwa nominal yang dibayar sudah termasuk dalam dokumen penting rumah.

10. Lakukan Transaksi Pembelian Langsung

Jika Anda ingin membeli rumah bekas, ada baiknya melakukannya tanpa perantara. Agar pembeli dapat mengetahui bagaimana info lebih spesifik mengenai bagunan tersebut. Jadi, tidak akan ada kesalah pahaman yang terjadi di kemudian hari.

Namun, jika Anda terpaksa harus menggunakan jasa dari perantara penjual rumah. Maka, ambil dan pilihlah orang yang paling dapat dipercaya. Dapatkan rekomendasi perantara itu dari keluarga dan teman-teman dekat Anda.

11. Lakukan Pengecekan pada Harga Pasar

Sebelum akhirnya membayar rumah bekas pilihan Anda, lakukan pengecekan pada harga pasaran rumah tersebut. Agar nantinya tidak ada kekecewaan di kemudian hari apabila pembeli menemukan harga yang lebih baik dari nominal yang dibayar di awal.

Dengan begitu, dari pihak pembeli dan penjual rumah akan sama-sama merasa puas. Tentunya juga ada hubungan jual beli secara sehat di dalamnya. Serta tidak ada kekecewaan atas transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya.

12. Lakukan Penawaran Harga yang Paling Rendah

Setelah mengetahui harga dari rumah tersebut, ada baiknya Anda melakukan penawaran dengan nominal paling rendah kepada pemilik. Tentunya akan ada negosiasi di sini nantinya antara pemilik dan penjual. Jika sudah menemukan titik temu, maka dapat diputuskan harga pasti pembayarannya.

Penawaran harga rendah ini bisa membawa keuntungan bagi pihak Anda, yakni pihak pembeli. Nominal murah ini tentu sangat diinginkan oleh banyak pemburu rumah bekas. Namun, untuk kalangan menengah ke atas pasti akan lebih mementingkan kenyamanan dan fasilitas huniannya.

13. Berikan Waktu Berfikir untuk Penjual

Untuk memperoleh harga yang menarik, Anda bisa melakukan trik dengan memberikan waktu berpikir pada penjual rumah. Tawarlah harga rumah bekas tersebut dengan nominal yang paling rendah. Pasti akan terjadi proses tawar menawar antara kedua belah pihak nantinya.

Maka, sebagai trik pembeli bisa memberikan waktu untuk berpikir bagi penjual. Agar dapat diputuskan harga yang tepat dan sesuai bagi rumah bekas tersebut. Mungkin saja Anda dapat memperoleh harga yang lebih bagus lagi.

Demikian penjelasan mengenai tips membeli rumah bekas dengan lingkungan asri dan kawasan strategis. Dengan adanya sistem online saat ini, Anda dapat melihat hunian sesuai dengan yang dinginkan di http://www.suvarnaraja.com. 

×

WhatsApp Live Chat

× Ada yang bisa kami bantu?